Home > Thought > SITU GINTUNG…APA PENYEBABNYA YA?

SITU GINTUNG…APA PENYEBABNYA YA?

Baru dengar juga tentang situ gintung ini…

Tapi, sebelumnya saya turut berduka cita pada korban yang mengalami bencana ini. Semoga diberikan kesabaran dan memperoleh hikmah dari kejadian tersebut.

Liputan6.com, Tangerang: Proses evakuasi terhadap korban jebolnya tanggul Situ Gintung di Cirendeu, Tangerang, Banten, masih berlanjut. Hingga Jumat (27/3) sore tercatat 58 korban meninggal. Jenazah disemayamkan di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ahmad Dahlan dan Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Diperkirakan korban meninggal masih akan terus bertambah mengingat masih banyak orang menanyakan nasib anggota keluarganya yang belum diketahui. Sejauh ini korban selamat yang terluka dibawa ke Rumah Sakit Fatmawati, Jakarta Selatan. Sedangkan korban selamat menginap di tenda-tenda yang didirikan Palang Merah Indonesia.

Hmm…seram juga ya..waktu enak-enak tidur tiba-tiba..datang air bah…Seram..

Kira-kira apa ya penyebabnya? Bendungan itu telah berdiri 76 tahun. Buatan Belanda. Dan bendungan2 Belanda ini sebenarnya ada 160 buah di daerah Jabodetabek. Hmm..jangan2 di bawah rumah anda adalah bendungan…

Ya..ya..Jakarta atau Batavia dan sekitarnya dibangun oleh Belanda dengan tujuan sebagai kota pelabuhan. Artinya, banyak aliran-aliran sungai yang dilakukan pengalihan pada saat itu. Hal ini identik dengan kota-kota di negeri Belanda. Seperti Amsterdam dan Rotterdam misalnya. Kota-kota tersebut memiliki banyak sekali kanal-kanal buatan dan setiap penciptaan kanal tersebut tentu saja memerlukan beberapa pengalihan air sungai. Bedanya dengan negara kita.. Mereka melakukan perawatan dan pendataan terhadap kanal-kanal tersebut.

Tau nggak yang lebih parah? Situ Gintung itu dijadiin objek wisata dan banyak orang yang menyangka bahwa daerah itu adalah danau. Artinya…Pemerintah sendiri, ntah sadar atau tidak, tidak mensosialisasikan status daerah tersebut. Atau mungkin mereka baru tau sekarang? Ntahlah..

Yang jelas..korbannya tetap aja masyarakat kecil..

Sabar ya..Keadilan itu pasti ada kok..Mungkin bukan didapat di dunia, tapi di akhirat pasti ada kok..

Categories: Thought Tags: ,
  1. euis
    April 3, 2009 at 12:20 pm

    makanya cepat tamat biar cepat jadi pemimpin negara ini biar ga ada lg korban2 manusia yang sia2

    • April 11, 2009 at 3:34 am

      amin.. jika dipercaya dan dibutuhkan..

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: