Home > General Knowledge, Jakarta > Toyota Business Practices (Part I)

Toyota Business Practices (Part I)

Rabu, 5 August 2009. Tidak terasa sudah hampir dua bulan blog ini mati suri. Yah, kalopun hidup juga masih butuh napas buatan. Kasian ya..

Kali ini, saya akan sedikit berbagai mengenai Toyota Business Practices yang sedang saya pelajari dan menjadi landasan problem solving (idealnya.. hoho..) di masa OJT ini.

Step 1 : Clarify the Problem

Pada langkah ini ada 3 masukan yang harus diperoleh, yakni ultimate goal, ideal condition dan current condition. Pada akhirnya akan di hasilkan keluaran berupa satu problem yang jelas.

Ideal condition akan berkontribusi terhadap ultimate goal. Selisih antara ideal dan current condition merupakan problem yang harus diselesaikan.

Hal yang perlu dicermati pada step ini terletak pada penentuan besarnya problem yang akan diperoleh. Karena kita berbicara mengenai angka, maka semua data yang dimasukkan ke dalam ideal maupun current condition harus bersifat kuantitatif. Nilai-nilai yang bersifat harus bisa diterjemahkan ke dalam bentuk kuantitatif.

Menurut saya, di sini letak kelemahan system ini. Segala parameter yang bersifat kualitatif yang dikuantitatifkan akan bersifat subjektif.

Kelebihan step ini tentu terletak pada skema yang jelas mengenai pemaknaan apa itu problem.

Langkah II : Breakdown the Problem

Bersambung ya.. Saya mau belajar bahasa Jepang dulu.

Summimasen..

Oyasumi Nasai..

Mohon do’anya

Bismillah

Assalamualaikum..

  1. August 6, 2009 at 12:41 am

    yahhhh, bersambung ceritanya???
    orang pengen tau lebih lanjut malah dikasi iklan lagiii..cuapek de…
    lanjutkan Van,, !!🙂

    • January 12, 2010 at 8:10 pm

      biar seru.. tapi malah gak diterusin sampe sekarang.. hehe
      ごめんね。。。=p

  2. tsdipura
    January 12, 2010 at 3:38 pm

    Sy sempat bikin catatan juga Van, terkait salah satu kuliah ‘managerial perspetive…’ dimana disinggung Toyota Ways..
    silahkan disimak di
    http://catatanstudi.wordpress.com/2009/10/09/belajar-dari-toyota/

    • January 12, 2010 at 8:18 pm

      wah sangat informatif sekali mas =) Terima kasih mas.
      Sama kok dengan yang saya tuliskan di laporan saya yang setebal bantal haha..

      Yang saya `niatkan` untuk saya tuliskan di atas lebih pada langkah implementasinya mas. Kata-kata kerennya sih, step2 konkret problem solvingnya hehe..

      Semuanya ada sekitar 8 step (agak lupa sih, tapi masih ada dokumentasinya).
      Berdasarkan pengalaman saya, metode TBP (baru 2007 atau 2008 dipakai di Toyota) ini memiliki keunggulan dimana setiap statement dapat dipertanggungjawabkan secara objektif dan semua pandangan subjektif tidak boleh dipergunakan. Jadi, intinya survey dan data lapangan serta parameter yang jelas jadi point penting untuk evaluasi (step 6)

      Mohon doanya sehingga muncul niat saya untuk melanjutkan =D..

  3. rianto
    March 20, 2011 at 2:01 am

    ya ampun, gw search iseng2 tentang tbp di internet, gw ketemunya blog lu, ga kelar lagi van… hadeh… ternyata klo belajar lebih advance lagi, tbp pas magang akan jadi jauh lebih seru loh van…

    • March 22, 2011 at 4:05 am

      hahaha.. iya to.. udah keburu males nerusinnya😀
      Yup, pastinya.. itu ilmu sangat bermanfaat diaplikasikan dimana-mana, terukur dan jelas🙂

  4. ayu
    July 2, 2014 at 2:45 pm

    Selamat sore mas, boleh minta referensi buku mengenai TBP lebih lanjut ?
    terimakasih🙂

    • November 9, 2014 at 10:58 am

      Hai Ayu,
      Maaf baru sempat membalas.
      Saya tidak punya referensi khusus. Yang saya tuliskan adalah berdasarkan training dan pengalaman yang saya dapatkan selama internship di TMMIN

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

