Home > Academic & Technology, Thought > Bersiap Untuk Semester Semi

Bersiap Untuk Semester Semi

Posted by : Risvan Dirza

Sring Semester in Tokyo Tech

Jum’at, dua hari yang lalu, rencana studi saya untuk semester kedua di Tokyo Tech sebagai mahasiswa program YSEP sudah difiksasi, walaupun ada sebuah mata kuliah yang ingin saya drop (Maksudnya, kreditnya tidak saya ambil tapi, saya tetap masuk kelas. Alasan bohongnya : Biar bisa ambil ilmunya tok tanpa harus dibebani tugas. Alasan jujurnya : Lumayanlah untuk cuci mata :p)

Berikut kuliah-kuliah yang akan saya ambil pada semester semi ini :

  1. Research / Sotsuron II
  2. Factory Study Tour II
  3. Topic On Japan II
  4. Japanese Class Level II
  5. Intelligent Control
  6. Control Theory for Robot Intelligent (tidak ambil kredit)
  7. Sustainable Development & Integrated Management Approach
  8. Academic English Presentation (berencana untuk melepas kreditnya)
  9. Robot Creation.

Jadi, dengan keluarnya rencana studi tersebut, maka sayapun dapat menyusun planning harian saya di lab setiap minggunya. Hasilnya, kegiatan di Laboratorium saya akan terdiri dari :

  1. Menulis, meng-update dan menyelesaikan report dan slide presentasi untuk Sotsuron YSEP
  2. Menuliskan Tugas Akhir (Thesis) S1 dalam Bahasa Indonesia, sembari tetap terus mengkontak dan menunggu respon dosen pembimbing di ITB, Indonesia.
  3. Menuliskan Tugas Akhir (Thesis) S1 dalam Bahasa Inggris sebagai bentuk laporan ke pihak Laboratorium di Tokyo Institute of Technology.
  4. Menyiapkan dan melakukan experiment (Jikken) untuk membuktikan/menguatkan hipotesis dan proof dari penelitian dan simulasi saya.
  5. Membaca Paper untuk memperluas wacana keelektroan.

Nah, terkait dengan kegiatan nomor lima, maka saya akan mencoba untuk mengulas setiap paper yang saya baca pada blog ini. Mudah-mudah-an akan bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan dan tertarik.

Sebagai bahan percobaan (maksudnya, paper yang akan dibahas pertama kali), saya coba berdiskusi tentang paper berjudul “Optimal Control of Battery Energy Storage for Wind Farm Dispatching”. Paper ini tidak ada keterkaitannya sama sekali dengan penelitian saya. Tapi, saya hanya tertarik untuk memahaminya saja. Jadi, mohon diberikan feedback jika saya melakukan kesalahan dalam pemahaman.

Silahkan klik di sini untuk membaca ulasan tersebut.

Baiklah, selamat malam dan beristirahat.

Wassalam.

Risvan Dirza

  1. May 9, 2010 at 4:13 am

    Klik dimana ris?? :p

    Wah, spring smester anak2 YSEP mulai sibuk ya :p

    • May 9, 2010 at 4:23 am

      sorry, link-nya belum ditempel :p
      sekarang udah bisa diklik hehe..

      Sibuk?? haha.. saya mah sok sibuk😀

  2. May 9, 2010 at 1:58 pm

    Waaaaaah semoga sukses! ^__^🙂

    • May 9, 2010 at 4:24 pm

      wah terima kasih teman😀
      Mohon doanya..🙂

  3. ayu putri
    May 24, 2010 at 9:16 am

    salam kenal,
    saya ayu putri dari sipil UI

    sebenernya apa ada perasaan menyesal dengan ikut YSEP ini berhubung masa kuliah di ITB jadi molor?

    aku juga interest banget sama beasiswa ke Jepang, tapi maklum baru tahun pertama..
    Kalo udah ikut YSEP ini, apakah masih bisa ikut Monbukagakusho Research setelah lulus kuliah?
    Dan apakah akan mempermudah akses untuk lanjut studi S2 di jepang, karena program Monbusho S2 itu kan harus research dulu baru bisa ambil tes S2..

    terima kasih

    • May 31, 2010 at 2:49 am

      hallo, salam kenal juga ayu.

      Kalau ditanya “pernah” ada, maka jawabannya ada. Tapi, biasanya, setelah melewati semua programnya, maka ada kemungkinan ada rasa syukur yang muncul. Yang pasti, bakal ada sesuatu yang kamu dapat yang tidak akan kamu dapat di Indonesia. Ntahlah, mungkin saya termasuk orang yang terlambat menyadarinya nanti🙂

      Yap, beberapa senior YSEP ada yang melanjutkan beasiswa S2 di Jepang tanpa test dan tanpa melalui tahap research student. Tapi, bukan berarti menjadi partisipan YSEP menjamin kamu dapat jalur cepat seperti itu.🙂

      Semooga membantu🙂

      • ayu putri
        May 31, 2010 at 4:53 am

        bgmn caranya kak bisa langsung S2?
        Program YSEP ini tidak boleh ada matkul yang ngulang di tranksrip ya? Soalnya kalo cuma dilihat dari IPK, dari hasil ngulang juga mungkin jadi bagus IPK nya. Pengalaman dari transkrip kakak sendiri bgmana?

        wah, jadi pengen ikutan..
        oiya, masalah bahasa jepang,apakah YSEP menanggungnya?

      • ayu putri
        May 31, 2010 at 4:54 am

        bgmn caranya kak bisa langsung S2?
        Program YSEP ini tidak boleh ada matkul yang ngulang di tranksrip ya? Soalnya kalo cuma dilihat dari IPK, dari hasil ngulang juga mungkin jadi bagus IPK nya. Pengalaman dari transkrip kakak sendiri bgmana?

        wah, jadi pengen ikutan..
        oiya, masalah bahasa jepang,apakah YSEP menanggungnya program kursus?

  4. June 4, 2010 at 6:04 am

    @Ayu
    Kalau caranya saya juga tidak tahu, karena itu semua tergantung rejeki2an sepertinya. Kecocokan dengan lab dan sebagainya. Kalau feel-nya dapat, maka mudahlah jalur S2 nya.

    Hmm.. kebetulan saya tidak ada mengulang dan IPK cukup baik. Jadi, saya kurang tahu tolak ukur penyeleksiannya. Tapi, kalau boleh berasumsi, teman yang dapat YSEP dari ITB umumnya memiliki prestasi akademis yang baik dan aktif juga di kegiatan non-akademis (non-akademis tidak hanya organisasi atau lomba saja).

    Kalau saya sarankan, tidak ada salahnya mencoba dek,
    Masalah bahasa, sepertinya tidak perlu dipikirkan. Pertama, semua kegiatan YSEP sendiri dilaksanakan dalam bahasa Inggris. Kedua, di TokyoTech ada kelas bahasa Jepang. Tapi, menurut saya pribadi, kelas itu juga tidak menjamin, mengingat interaksi kebanyakan terkait dengan kegiatan akademis yang umumnya berbahasa inggris.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

