Home > Thought > Jarak Bukanlah Batas

Jarak Bukanlah Batas

Jakarta, 14 Januari 2012.

Tiga hari yang lalu, tanggal 11 Januari 2012, saya menerima e-mail dari Bang Iman, seorang teman yang menempuh pendidikan doctoral di TU Munich, Jerman, yang berbunyi:

“ok van, dah disubmit hari ini.
sekarang kita bisa lanjutkan dengan topik berikutnya ;)”.

Hal ini berarti bahwa jurnal internasional kami (atau jurnal pertama saya, alhamdulillah..) telah disubmit di IJIR (International Journal of Imaging and Robotics). IJIR ini merupakan sebuah media publikasi jurnal penelitian mengenai imaging dan robotics. Editorial Board-nya terdiri dari sejumlah peneliti atau akademisi yang berasal dari berbagai institusi pendidikan di seluruh dunia. Pada dasarnya, submisi yang kami lakukan adalah hasil dari undangan atas penelitian kami sebelumnya yang dipresentasikan pada konferensi ICA (Instrumentation, Control and Automation)  di Bandung pada November 2011. Alhamdulillah, paper kami termasuk satu dari sejumlah paper yang mendapat kesempatan memenuhi undangan tersebut.

Berbeda dari biasanya, saya sempat merasa tidak yakin mampu menyelesaikan jurnal tersebut bersama Bang Iman. Alasannya sederhana, karena saya juga merasa masih perlu banyak belajar di dunia kerja yang sekarang. Singkat kata, hal itu disebabkan manajemen waktu saya yang berantakan akibat hadirnya sejumlah aktifitas lain di luar pekerjaan rutin yang memakan banyak waktu juga.

Mengingat dalam jurnal tersebut turut juga berkontribusi professor saya sewaktu di TokyoTech, saya jadi tambah khawatir ke”kacau”an saya akan mengakibatkan gagalnya jurnal tersebut di-submit.

Akan tetapi, saya percaya komunikasi adalah sebuah anugerah yang harus dimaksimalkan. Dahulu, manusia menggunakan sejumlah sandi, mulai dari api, batu, ranting sampai dengan ritme suara sebagai alat komunikasi. Manusia juga disempurnakan dengan pita suara yang dapat digunakan untuk berbicara untuk kebaikan dan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Kini, alat komunikasi semakin canggih, jarak bukanlah batas. Handphone dan sejumlah aplikasi yang memanfaatkan jaringan internet seperti Facebook, YM, e-mail dan sebagainya mampu memaksimalkan fungsi komunikasi dan menyelesaikan masalah jarak. Bahkan, sudah menjadi rahasia umum bahwa komunikasi sudah lama menjadi dan membuahkan bisnis yang menjanjikan.

Terlepas diri hakikat komunikasi tersebut dan menyadari kelemahan saya dalam menyelesaikan jurnal kami, saya menginformasikan beberapa hari sebelum deadline bahwa saya khawatir tidak mampu menyelesaikannya. Hal ini mengarah pada perkiraan bahwa sharing informasi yang lebih dini akan memberikan kesempatan atau tenggat waktu untuk mengubah rencana sehingga alhamudillah jurnal kami-pun selesai dengan sejumlah perubahan minor. Perubahan minor dan komunikasi yang cukup dekat dengan deadline ini dilakukan dengan menggunakan YM dan e-mail. Betapa jarak bukanlah lagi sebuah batas dalam kehidupan manusia.

Sesuai dengan file yang di-submit, jurnal kami tersebut berjudul “Improved Distributed Coverage Control for Robotic Visual Sensor Network under Limited Energy Storage”. Penjelasan dari jurnal penelitian tersebut insyaAllooh akan dipublikasikan pada postingan yang berbeda. Sehingga, Alhamdulillah dengan demikian, saya mempunyai waktu lebih lagi untuk penelitian berikutnya. Fokus penelitian berikutnya sudah didiskusikan dan direncanakan untuk submission pada Maret dan April 2012 ini.

Mohon do’anya  dan insyaAllooh penelitian dapat bermanfaat bagi kehidupan manusia di masa yang akan datang.

(*Catatan peneliti tanpa gelar dan tanpa institusi)

Regards,

Risvan D.

Categories: Thought
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

