Home > General Knowledge > Chances Cathcer

Chances Cathcer

Apa yang Anda harapkan dari sebuah usaha yang Anda bangun? Uang dan untung yang melimpah? Relasi dan wanita dimana-mana yang menempel pada Anda? Kaya mendadak dan bisa keliling dunia?

Yup, Anda berhak untuk menentukan visi Anda sendiri mengapa Anda melangkah dan memutuskan untuk membangun usaha.

Dalam tulisan ini, saya tidak mendefinisikan diri sebagai pengusaha. Apalagi jika ditanya, ”Di bidang apa?”. Jujur, saya tidak bisa menjawabnya. Tapi, yang jelas saya suka membuat suatu “mesin” penghasil keuntungan atau profit.

Pada gambar di bawah ini, Anda dapat melihat grafik summary dari salah satu “mesin” saya.

Financial Indicator Evaluation

Financial Indicator Evaluation

Saya mungkin seorang otodidak yang tidak terlalu percaya dengan cerita-cerita sukses pengusaha yang begitu menarik di buku-buku yang kini bertebaran di Gramedia. Tapi, yang jelas saya berusaha menangkap setiap fenomena yang saya lihat dari “mesin” saya. Misalnya, dari “mesin” di atas.

  • Jika kita lihat, pada February tahun lalu, profit “mesin” ini sempat melonjak tajam dan kemudian turun dan tak bergerak. Yap, itu adalah dimana saya mulai terdaftar sebagai engineer (baca-karyawan :D) di sebuah perusahaan. Di sini saya melihat, jika kita ingin membangun “mesin” uang, maka bangunlah dengan kesungguhan dan manajemen waktu yang baik karena peluang itu tidak pasti datang 2 kali. Intinya, Saya baru saja kehilangan kesempatan untuk mem-boost up “mesin” ini tahun lalu.
  • Jika  kita lihat pada February tahun ini (dimana- saya memutuskan berhenti dari profesi saya  sebagai  Engineer), profit bersih “mesin” ini perlahan namun pasti, meningkat. Saya tidak menggeneralisir bahwa profesi engineer itu tidak mendukung proses pembuatan “mesin uang”. Tapi, saya memutuskan untuk “menimba ilmu” di sebuah perusahaan start up yang -sangat bisa dikatakan- belum ada sistem sama sekali. Kondisi itu menstimulasi innovasi dan kreativitas yang juga diperlukan untuk membangun “mesin” uang. Beda-nya, di sini, saya melakukan passion saya dengan tetap dibayar. Apakah impact-nya dengan “mesin” uang saya?, Saya lebih berani ambil resiko dan bergerak (Eitss.. dengan berbagai pertimbangan dan perhitungan pastinya..🙂 ), hingga profit-pun meningkat tajam kembali.
  • Percaya atau tidak, sebuah “mesin uang” di atas bukanlah berawal dari sebuah pencarian yang ambisius dan/atau ngotot. “Mesin” itu hanya bermula dari sebuah keisengan yang dilakukan dengan senyuman dan keikhlasan.

Perlu dicatat: beberapa resiko dan hambatan yang cukup membuat saya puyeng itu meliputi modal terpendam, partner kabur, birokrasi, dan yang paling utama adalah salah memberikan kepercayaan. Resiko-resiko seperti itu pasti cepat atau lambat mencolek kita🙂

Lagi-lagi saya melihat bahwa membuat “mesin penghasil keuntungan” sebagai sebuah hobby atau sebuah game. Sehingga, saya lebih suka mendefinisikannya sebagai “opportunity seeker” atau “chances catcher”. Jadi, jangan ditanya lagi jenis “mesin” saya apa?😉

Ilustrasinya, mungkin bisa dilihat ketika kita memainkan “Super Mario Bros”. Anda berjalan, mentekel masalah  (ex. Kura-kura dkk), mengidentifikasi batu yang mungkin saja memiliki jamur atau koin, lalu mencapai target di stage 1 dan  achievement-pun diperoleh.  Kemudian, Anda masuk ke stage berikutnya. Tapi, yang perlu ditambahkan dan dipastikan dalam membuat “mesin uang” adalah sustainabilitas, improvisasi, pengembangan dan diversifikasi untuk tetap berusaha dan bertahan (Survive).

Wassalam,

Cheers, Live your life cause you live once..

Risvan Dirza

Categories: General Knowledge
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

