Home > General Knowledge > Apakah Anda Pemimpin yang “Lengkap”?

Apakah Anda Pemimpin yang “Lengkap”?

Ilmu kepemimpinan itu susah sekali. Mungkin itu pula mengapa belum ada jurusan kepemimpinan sempurna di daftar-daftar jurusan perguruan tinggi. Mungkin Anda merasa lengkap dengan mengetahui berbagai teori mengenai bagaimana membaca psikologi manusia, psikologi sosial, struktur sosial dan lain sebagainya. Tapi, secara praktis, apakah Anda menjamin bahwa Anda tidak mengalami banyak kegagalan dalam memenuhi teori yang Anda (katanya) kuasai (- diindikasikan dengan tumpukan buku manajemen dan kepemimpinan di perpustakaan pribadi Anda).

Jika saya harus melompat dan mengambil kesimpulan, teori kepemimpinan itu terdengar terlalu indah dibanding kenyataan praktisnya. Tetapi, yang jelas ada beberapa komponen kepemimpinan yang harus kita punyai untuk mendekati kata “lengkap”. Berdasarkan, diskusi, coaching dan pengalaman yang saya peroleh dalam beberapa tahun belakangan ini (sejak kata-kata pemimpin menganggu gendang telinga saya – Saya sebut mengganggu karena banyaknya orang-orang yang memakai istilah memimpin untuk tujuan pribadi atau golongan), saya menemukan komponen penguji kelengkapan kepemimpinan Anda. Jika satu saja Anda tidak penuhi, sebaiknya Anda instropeksi diri untuk mengkultuskan diri sebagai pemimpin yang lengkap.

Pertama, “Tahu arah”bahasa kerennya punya visi. Siapa sih yang bersedia ikut kalau Anda tidak tahu apa yang menjadi tujuan bersama? Tuna netra (-maaf) masih membutuhkan tongkat untuk memandu jalannya. Kalau Anda tidak tahu arah, komponen kepemimpinan Anda untuk hal ini tidak lebih baik dari pada tongkat tersebut.

Kedua, “Tahu cara”Anda bangga bahwa Anda punya ide keren, unik, beda dengan yang lain, sangat futuristic dan menguntungkan? Yuk, cari kasur, bantal dan guling kalau Anda tidak tahu langkah-langkah yang harus Anda penuhi untuk mencapai visi bersama.

Ketiga, “Sadar diri”Anda merasa keren dengan status sebagai pucuk pimpinan organisasi? Kepemimpinan bukan soal pengakuan individual bung. Jika Anda belum mampu membentuk visi bersama yang memfasilitasi kepentingan positif setiap pihak, sebaiknya Anda mundur.

Keempat, “Memahami situasi”. Anda belum lengkap jika Anda belum mampu memainkan dan mengendalikan konflik.

Kelima, “Punya target dan timeline”, Anda belum lengkap jika Anda belum membangun, memahami, meng-adjust dan mengoptimalkan plan Anda.

Keenam, “Punya pengaruh dan karisma”,  Anda merasa sudah menjadi pemimpin ketika jabatan Anda tinggi? Bagaimana jika orang yang Anda pimpin memiliki idealisme, harga diri tinggi (yang jelas lebih tinggi dari posisi dan bayaran-nya) dan pengalaman? Mereka, dalam hitungan jam, bisa saja meninggalkan dan mengibuli Anda.

Ketujuh, “Menghargai kolega dan orang yang Anda pimpin”, Masih bangga dapat memperkerjakan orang dengan bayaran tinggi? Lihat dunia lebih luas! Pintu rejeki bisa dari mana saja. Harta bukan lagi tolak ukur untuk dapat membangun hubungan saling membangun dengan kolega Anda.

Kedelepan, “Mampu memaksimalkan organisasi yang heterogen, kompleks dan gemuk”, Ini susah. Konon pula, Anda tidak punya pengaruh, karisma dan knowledge yang cukup. Habislah Anda seketika.

Kesembilan, “Kejujuran, Pemahaman menyeluruh dan Integritas”Kalau Anda tidak jujur, siapa yang mau percaya? Kalau Anda tidak memiliki pemahaman menyeluruh, bagaimana Anda bisa dikatakan kompeten? Kalau Anda tidak memiliki integritas, siapa yang akan loyal dan merasa nyaman bersender di Anda?

Keseluruhan komponen itu saling terkait satu sama lain. Satu saja, Anda gagal memenuhi, Anda belum lengkap.

Selamat melengkapi!

Salam,

Categories: General Knowledge
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: