Home > General Knowledge, Informasi > Berencana Memulai Hidup di Jakarta?

Berencana Memulai Hidup di Jakarta?

Banyak orang berfikir bahwa dengan datang ke Jakarta, maka kehidupan yang lebih baik akan segera datang. Saya tidak termasuk dalam golongan orang tersebut. Tapi, entah mengapa saya harus menjalani mimpi mereka, memulai hidup di “kejamnya” ibu kota, Jakarta.

Agar survive atau bertahan, ada beberapa komponen utama pengeluaran yang harus dipenuhi. Lebih jauh lagi, ketika kita menginginkan gaya hidup yang lebih “wah”, ada komponen tertier yang juga harus dipenuhi. Berikut beberapa komponen pengeluaran yang perlu diperhitungkan bagi para pejuang di labirin ibukota.

1. Pengeluaran yang tidak dapat dielakkan

Bagi para keluarga muda, biaya akomodasi atau Biaya sewa tempat tinggal dapat mencapai 2 juta hingga 4 juta per bulan. Angka 4 juta per bulan ini berasal dari biaya akomodasi di salah satu apartment tipe 2BR di Jakarta Selatan. Biaya ini dapat ditekan menjadi 2 jt per bulan jika Anda menyewa kontrakan.

Dengan asumsi bahwa setiap orang akan mengeluarkan 20 rb rupiah untuk sekali makan dan sehari makan tiga kali, maka biaya konsumsi ini akan mencapai 3,6 juta per bulan bagi pasangan muda.

Bagi Anda yang belum berfikir untuk membeli kendaraan, KRL dapat menjadi transportasi andalan. Pendekatan yang saya ambil adalah 20 rb per hari. Jadi, untuk sebulan, biaya transportasi ini dapat mencapai sekitar 600 rb rupiah.

Keluarga besar saya berada di Sumatera Utara. Jadi, bagi Anda yang juga para perantau, mungkin mempertimbangkan hal ini pada golongan pengeluaran yang tidak dapat dielakkan. Perhitungan saya, dalam setahun, saya perlu setidaknya dua kali pulang kampung. Ongkos PP sekali pulang kampung mencapai 3 jt per orang. Jadi, kita perlu menyimpan dana sebesar 500 rb per bulan.

Dengan demikian, pengeluaran utama untuk golongan tipe I ini adalah 6,7 juta. Bagi yang tinggal di apartement, pengeluaran tersebut dapat mencapai 8,7 juta.

Anggap saja biaya tak terduga yang harus di-keep dengan gaya hidup ini adalah 2 jt rupiah.

Sehingga untuk mereka yang memiliki gaya hidup tipe di atas, potensi pengeluaran dapat mencapai angka 10 jt/bulan

2. Ditambah Pengeluaran dengan gaya hidup dalam negri.

Beberapa dari kita tentu mulai berfikir mengenai investasi dan bisnis kecil-kecilan. Anggap saja, untuk komponen ini, dibutuhkan biaya sekitar 1 jt per bulan. Sedangkan, tabungan jangka panjang untuk pendidikan anak diperkirakan dapat mencapai 2 jt per bulan.

Mungkin beberapa dari kita sudah mulai memikirkan hiburan bulanan, sebut saja, 500 rb per bulan.

Dengan demikian, dibutuhkan dana tambahan sekitar 3,5 juta per bulan. Sehingga untuk mereka yang memiliki gaya hidup tipe dua ini, potensi pengeluaran dapat mencapai 14 jt per bulan.

3. Ditambah dengan liburan dan cicilan asset.

Menurut saya, golongan ketiga ini adalah golongan yang dapat dikatakan mapan untuk time frame sekarang dan yang akan datang.

Untuk cicilan rumah dan kendaraan, kita dapat ambil angka 4 juta per bulan untuk masing-masing komponen tersebut.

Liburan dapat dibagi menjadi liburan domestik ataupun liburan luar negeri. Setidaknya sekali dalam setahun, sebuah keluarga menikmati liburan. Biaya liburan ini dapat mencapai 9,6 juta untuk domestik atau 18 jt untuk travelling ke luar negri. Sehingga, diperlukan saving sebanyak 800 ribu hingga 1,5 jt setiap bulannya.

Dengan demikian, dibutuhkan dana tambahan sekitar 8,8 juta – 9,5 juta per bulan.

Jadi, jika ditotalkan, pengeluaran untuk golongan yang mapan di atas rata-rata ini mencapai 22 hingga 24 juta per bulan.

Bagaimana? Masih tertantang dengan gaya hidup masyarakat Ibukota?

Perhitungan di atas dipakai dengan asumsi tahun 2013. Jika Anda ingin melakukan pendekatan di tahun-tahun berikutnya, silahkan disesuaikan dengan inflasi yang terjadi setiap tahunnya. Hint: anggap saja 8% per tahunnya.

Categories: General Knowledge, Informasi Tags:
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: