Home > Informasi > Pencapaian Hingga 03 Juni 2016 dan Kejutannya

Pencapaian Hingga 03 Juni 2016 dan Kejutannya

Sepertinya baru hari ini, saya dengan sengaja dapat menyempatkan diri untuk menulis lagi. Saya katakan “menyempatkan” karena memang “to do list” saya sangat banyak. Sejujurnya, banyaknya target ini membuat hidup saya lebih hidup.

Sejak 15 April 2016 hingga hari ini 03 Juni 2016, tidak sampai 2 bulan, begitu banyak terjadi kejutan dan perubahan rencana. Tidak apa, kata Frank, host father saya sewaktu saya di Belanda 11 tahun lalu, “Zo is Het Leven”, yang artinya “Begitulah hidup”

Bercerita tentang ASA, seperti tulisan sebelumnya saya akan bagi menjadi ASA jangka pendek dan ASA jangka panjang. Lalu, pencapaian-pencapaian kecil saya sejak 15 April hingga 03 Juni 2016 ini.

  1. Rumah Tangga

Janin atau calon buah hati kami sudah berumur 26 minggu 2 hari. Kami sudah melakukan USG 4D dan calon buah hati kami diperkirakan seorang perempuan. Kami berencana memberinya nama Mikayla Vandirza. Berdasarkan hasil konsultasi kami dengan dokter kandungan kami di RSPI, semuanya dalam keadaan normal, sehat dan baik. Semoga Allah SWT memberikan kesehatan dan kekuatan kepada istri dan anak saya.

Walaupun diperkirakan due-date kelahiran istri saya adalah 7 Sept 2016. Kami bersepekat agar istri saya melahirkan dengan melakukan operasi cesar yang direncanakan pada 25 Agustus 2016 ketika usia kandungan istri saya 38 minggu 1 hari. Menurut dokter usia kandungan segitu sudah cukup untuk melahirkan.

Saya sendiri sebenarnya selalu berusaha untuk menguatkan diri saya bahwa keputusan kami ini adalah keputusan terbaik agar istri dan buah hati kami mendapatkan fasilitas terbaik selama proses kelahiran dan perawatannya di RSPI dengan biaya yang dapat ditanggung oleh fasilitas kesehatan kantor saya. Karena saya mengajukan “izin meninggalkan pekerjaan tanpa upah” tertanggal sejak 1 September 2016 untuk melanjutkan studi.  Salah satu konsekuensi “Izin meninggalkan pekerjaan tanpa upah” adalah seluruh fasilitas kantor akan dibekukan.

Pencapaian:

  • Kami sudah “menjenguk” buah hati kami secara rutin ke dokter kandungan.

ASA Jangka Pendek:

  • Setidaknya setiap dua minggu sekali, istri saya dan saya akan “menjenguk” calon buah hati kami ke dokter kandungan.
  • Mengidentifikasi kebutuhan hidup istri, lahiran dan anak, dan mengestimasi biaya dan strateginya sejak Bulan Juli 2016 s/d Desember 2016.
  • Memperbaiki laptop rumah agar dapat di bawa ke Belanda sehingga tetap dapat berkomunikasi dengan anak dan istri di Indonesia
  • Menginstal Microsoft Office untuk laptop istri agar keperluan istri terpenuhi.
  • Memastikan akte lahir istri selesai pada akhir Juni 2016
  • Melegalisir akte lahir istri pada Juli 2016
  • Memastikan perpanjangan passport istri pada Juli 2016
  • Memastikan legalisir buku nikah selesai pada akhir Juni 2016
  • Memastikan istri melahirkan dengan fasilitas terbaik dan ditemani keluarga-keluarga terdepat pada Agustus 2016 walaupun saya tidak dapat ada di tempat.
  • Memastikan penerbitan akte lahir anak dan legalisirnya pada Sept 2016.
  • Memastikan penerbitan passport anak pada Oktober 2016.
  • Memastikan pengajuan Visa MVV anak dan istri pada November 2016.
  • Menerbitkan undangan kedatangan anak dan istri di Belanda pada November 2016.

ASA Jangka Panjang:

  • Membawa anak dan istri ke Belanda antara Januari – Maret 2017 sehingga kami dapat tinggal bersama sebagai satu keluarga utuh.
  1. Asset dan Financial

Istri saya dan saya selalu melakukan proses pemantauan terhadap asset dan pertumbuhan asset kami secara berkala. Pertumbuhan nilai likuiditas financial sejak 15 April 2016 hingga 6 Juni 2016

mencapai 83% dari nilai awal pada akhir Maret 2016 dengan tidak memperhitungkan asset tidak likuid. Alhamdulillah, Allah SWT masih terus melimpahkan rezekinya.

Kami tidak sepenuhnya berharap kepada gaji bulanan saya. Oleh karena itu, berbagai metode pengembangan dana kami coba untuk memperkokoh fondasi financial kami sebagai keluarga kecil. Penambahan nilai sebesar di atas merupakan salah satu impact dari metode pengembangan dana yang kami lakukan.

Pencapaian:

  • Alhamdulillah ada kenaikan nilai 45% pada akhir April 2016 dan 19% pada akhir Mei 2016.
  • Alhamdulillah setidaknya satu ekor kambing diinformasikan hamil

ASA Jangka Pendek:

  • Setidaknya ada yang ditabung setiap bulan.
  • Memonitor perkembangan usaha ternak kambing.
  • Menghentikan dan/atau mencairkan dana dari program penarikan rutin bulanan.
  • Meminimalisir pengeluaran selama studi di Belanda nanti.

ASA Jangka Panjang:

  • Mencari partner finansial untuk bersama-sama menjalankan proyek perumahan alexandria yang terus menerus mangkrak.
  • Memastikan adanya penyewa Ruko di Medan untuk tambahan biaya untuk Mama di
  1. Pekerjaan

Terlepas dari rencana studi saya yang jadinya akan dimulai pada Agustus 2016, Alhamdulillah, saya mendapat apresiasi dari kantor tempat saya bekerja sehingga saya dipromosi sejak 1 April 2016. Apresiasi ini sangat saya hargai, tetapi hidup adalah pilihan dan saya memilih untuk menghabiskan waktu 2 tahun ke depan untuk menimba ilmu di Belanda daripada memperbanyak khazanah pengalaman kerja saya. Walaupun, saya memiliki niat untuk kembali bekerja di kantor saya ini sekembalinya saya dari studi master. Hal ini dituangkan dengan pengajuan unpaid leave saya ke pihak perusahaan. Alhamdulillah, pengajuan unpaid leave saya sudah disetujui hingga ke level Vice President. Semoga saja President/GM perusahaan saya dibukakan pintu hatinya untuk memberikan izin dan persetujuan atas pengajuan unpaid leave saya.

Pencapaian:

  • Saya dipromosi sejak 1 April 2016
  • Visit ke lapangan pra-bidding maupun bidder site survey sudah dilakukan dengan baik dan aman
  • Menyelesaikan review dokumen tender long lead item.

ASA Jangka Pendek:

  • Menyelesaikan klarifikasi teknis minggu depan.
  • Menerbitkan rekomendasi evaluasi 2 minggu lagi.
  • Membantu tim dalam menjawab pertanyaan dari calon-calon kontraktor.

ASA Jangka Panjang:

  • Membantu tim agar penunjukkan pemenang-pemenang tender dapat dilakukan tahun ini dan memberikan kontribusi sesuai dengan ruang lingkup kerja seharusnya.
  1. Pengembangan Professional

Saya berniat untuk mendapatkan sertifikasi PMP tahun ini. Walaupun pada Agustus 2016, saya berangkat melanjutkan studi, saya akan menyempatkan waktu untuk belajar dan mengikuti testnya.

Pencapaian:

  • Tidak ada

ASA Jangka Pendek:

  • Memastikan bahwa saya dapat mengikuti tes tahun ini
  • Menguasai 1 BAB per minggu dan mencoba 10 soal per minggu.

ASA Jangka Panjang:

  • Certified PMP di tahun 2016
  1. Sekolah Master dan Beasiswa

Awalnya saya berencana untuk menunda waktu studi ke Agustus 2017 mengingat saat ini istri saya sedang hamil dan saya ingin berkontribusi di perusahaan saya setidaknya setahun lagi dalam waktu dekat ini. Akan tetapi, kenyataan bercerita lain, LPDP tidak mengizinkan saya untuk menunda studi ke Agustus 2017. Oleh karena itu, saya berdiskusi dengan istri saya dan alhamdulillah dia menguatkan saya untuk memanfaatkan kesempatan yang ada untuk melanjutkan studi pada Agustus 2016.

Antara senang dan sedih, itu yang saya rasakan. Sedih karena saya tidak dapat mengadzankan anak saya nanti. Sedih karena peluang saya untuk mengapply ke ETH Zurich, Stanford University atau mungkin MIT sirna. Sedih karena keluarga saya tidak dapat merasakan benefit dari promosi lebih lama. Sedih karena saya tidak dapat berkontribusi di perusahaan lebih lama. Sedih karena LPDP tidak mendukung niatan saya. Akan tetapi, saya juga senang bahwa istri dan keluarga saya mendukung saya sepenuhnya untuk melanjutkan studi di Eindhoven University of Technology-TU/e (Systems and Control). Senang karena saya tidak harus mengulur waktu lagi untuk studi. Senang karena impian saya untuk melanjutkan studi sejak 5 tahun lalu akan segera terwujud.

Terlepas pro kontra itu, saya percaya, Allah SWT sudah memiliki skenario terbaik untuk saya. Saya hanya harus bersyukur dan terus berdo’a agar diberikan jalan yang lurus, mulus dan indah. Setidaknya, apapun yang saya peroleh hari ini adalah buah dari lika liku kehidupan yang Allah SWT rencanakan dan pernah saya pertanyakan. Saya menyesal mempertanyakannya, karena seharusnya saya percaya bahwa Allah SWT adalah dzat yang maha tahu, termasuka skenario terbaik bagi hidup saya.

Tahap selanjutnya, saya harus berjuang untuk menyelesaikan segera hal yang perlu dipersiapkan.

Pencapaian:

  • Aplikasi Visa MVV saya sudah disetujui
  • Akte Lahir saya sudah dilegalisir hingge Kedubes Belanda
  • Buku nikah kami sedang dilegalisir di Kemenlu

ASA Jangka Pendek:

  • Mendatangi Kedubes Belanda untuk mencetak stiker Visa MVV
  • Mendatangi Kemenlu untuk mengambil Buku Nikah yang sudah dilegalisir
  • Mendatangi Kedubes Belanda untuk melegalisir Buku Nikah
  • Memastikan Housing, Laptop dan Tiket ke Belanda
  • Mengulang-ulang pelajaran terkait.

ASA Jangka Panjang:

  • Menyelesaikan studi master di Belanda pada Agustus 2018.
  1. Habblumminallah (Hubungan dengan Allah SWT)

Saya merasa belum banyak perbaikan dalam hal ini. Saya masih bukanlah manusia yang selalu dekat dengan Allah SWT. Sejauh ini, yang saya tahu bahwa saya tidak melakukan perbuatan yang dilarangNya. Akan tetapi, banyak perintahNya yang belum saya turuti. Sholat masih belum sempurna. Puasa senin-kemis sempat dilakukan tetapi kemudian terhenti. Walaupun demikian, alhamdulillah dengan bantuan istri, infaq dan sedekah mingguan kepada anak-anak masih relatif konsisten hingga saat ini.

ASA Jangka Pendek:

  • Perbaiki sholat, puasa dan perbanyak membaca Al-qur’an

ASA Jangka Panjang:

  • Menghafal Al-qur’nan.
  1. Travelling Ke 3 Negara

Rencana ini hasilnya masih 0%. Tetapi ada kemungkinan menjadi 33% karena saya akan berangkat ke Belanda Agustus 2016.

Pencapaian:

  • Rencana studi ke Belanda menjadi Bulan Agustus 2016.

ASA Jangka Pendek:

  • Mempersiapkan semua kebutuhan keberangkatan ke Belanda.

ASA Jangka Panjang:

  • Membawa Anak dan Istri ke Belanda pada Q1 2017.

“Human do the best, God does the rest”

Risvan Dirza,

Jakarta, 03 April 2016.

Categories: Informasi
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

