Archive

Archive for the ‘Bandung’ Category

Ketika Harus Memilih

June 14, 2009 2 comments

Sabtu sore, waktu baca-baca brosur S2 eropa, tiba-tiba HP saya bordering. Ring tone masih sama loh, Bad Day by James Morrison (ini udah dari tingkat satu loh.. Setiakan saya?.. hehe..).

Hmm.. intinya sih, pihak chevron menelpon saya dan memberikan kabar bahwa saya ‘DITERIMA’ KP di CPI rumbai.  Sontak saya, jadi bingung untuk memilih hati apakah senang, sedih, bingung, atau marah.

Pada dasarnya, KP di CPI memang prioritas pertama saya untuk tahun ini. Tapi, setelah menunggu sekian lama plus teman saya ada yang udah keterima KP di Chevron, maka saya berasumsi bahwa saya ‘DITOLAK’ Chevron. Asumsi ini, membuat saya semakin gencar mencari KP termasuk di TMMIN yang saya terangkan di atas. Dan Alhamdulillah saya lulus seleksi di TMMIN.

Yah, sebenarnya kedua program perusahaan itu bagus. Dan memang kedua perusahaan ini ahli di bidangnya.

Mengenai program IPUS di TMMIN udah dijelaskan di postingan sebelumnya. Sekarang kita akan membahas sedikit mengenai program KP CPI.

Chevron menyediakan sebuah program KP dan TA. Setiap mahasiswa yang sudah ikut KP tidak dapat lagi mengikuti program TA CPI. KP CPI akan menanggulangi semua biaya dari Jakarta ke Rumbai, Akomodasi dan biaya hidup di Rumbai, dan Biaya kembali ke Jakarta lagi. Intinya, gak ada keluar duit. Program ini  juga sudah matang, mentor sudah ada dan dapat sertifikat KP CPI (katanya sih jadi nilai tambah).

Kurangnya program ini adalah durasi waktunya yang hanya 1 bulan. Sedangkan, kampus menuntut 2 bulan. Sebenarnya hal ini tidak terlalu bermasalah. Karena, 1 bulan lagi bisa KP di Bandung aja.

Akan tetapi, sekedar informasi nih. Teman se-kosan saya pernah KP di CPI dengan program yang sama persis. Dia juga lulus dengan predikat memuaskan (hampir cumlaude). Dia juga memegang sertifikat KPCPI tentunya. Pada kenyataanya, ketika dia melamar ke CPI, dia tidak lulus seleksi dan gagal masuk CPI. Mungkin ini anomaly. Rejeki Allooh yang ngatur kan?

Jadi, kata teman saya sih, saya dikondisi ‘serba benar’. Karena saya harus memilih satu dari dua hal yang baik. Tapi, kata saya, saya di kondisi ‘serba salah’. Karena saya harus menepis salah satu kepercayaan yang diberikan pada saya.

Hmm.. Mudah-mudahan saya tidak salah langkah.

Bismillah..

Advertisements
Categories: Bandung, Thought Tags: ,

Kepastian dari TMMIN (IPUS)

June 14, 2009 3 comments

Pertama-tama, kita perlu tau TMMIN itu apa. TMMIN merupakan akronim dari Toyota Motor Manufacturing Indonesia (PT). Nah, si TMMIN ini punya program yang namanya IPUS (Internship Program for University Students). Baik, itu adalah kata-kata kuncinya.

Kronologisnya begini..

Niat awalnya, saya mencari lokasi untuk kerja praktek. Pada gelombang pertama, saya mengirim aplikasi ke Chevron dan TMMIN. Aplikasi ke Chevron tidak memberikan jawaban hingga saat ini (saat tulisan ini ditulis). Diperkirakan suratnya nyasar atau memang nasib nggak ke situ aja. Atau memang ditakdirkan ke arah yang lain. Ntahlah..

Nah, si TMMIN ini sekitar sebulan yang lalu baru saja memberikan kabar untuk menjawab surat aplikasi kami. Maka, pergilah kami (6 orang) ke sunter (First Trip). Di sunter ini ada kantor TAM dan TMMIN. Jujur, saya juga kurang paham bedanya dimana secara manajemen. Ntar ditanya deh..

Pada kunjungan pertama ini,  mbak laila (HRD-nya TMMIN) memaparkan program IPUS dan mengapa kami diarahkan ke program IPUS.

Jadi, IPUS itu adalah sebuah program magang berdurasi 3 bulan (Juni-September) dari  TMMIN. Program ini berbeda dengan program magang regular-nya. Pada program ini setiap peserta diharuskan untuk membuat A3 report (belum tau gimana bentuknya) dan melakukan presentasi. Kedengaran menantang bukan? Selain itu, peserta IPUS juga akan memperoleh makan siang, asuransi kesehatn dan ‘fee’ tentunya. Sepertinya juga bakal ada uang tunjangan akomodasi. Seragam juga diberikan pada peserta IPUS. Keuntungan lainnya adalah kesempatan untuk bekerja di TMMIN lebih terbuka karena jika performa magangnya baik, insyaAllooh akan direkomendasikan untuk terus di TMMIN. Yah,, kayak di film ‘the pursuit of happiness’ gitulah.. Akan tetapi, untuk menjadi peserta IPUS ini ada beberapa proses seleksi yang harus dilewati. Ya.. seleksi inilah yang membuat saya mondar-mandir Jakarta-Bandung dengan hinanya.. heu.. heu.. heu..

Begitu TMMIN memberikan jawaban aplikasi kami, kami diundang ke kantor TMMIN di sunter. Undangan pertama ini ternyata diisi dengan penjelasan IPUS di atas dan interview HRD. Interview HRD ini dilakukan langsung oleh pihak team HRD dari TMMIN.

Hasil seleksi satu ini akan diumumkan, dan bagi yang lolos akan memasuki tahap seleksi kedua yaitu psikotest. Seleksi psikotest ini dilakukan oleh pihak konsultan. Untuk seleksi kedua ini, lagi-lagi kami harus ke dekat cibubur (ntah apa nama daerahnya).  Alhamdulillah, pada seleksi kedua ini, ke13 peserta yang lolos seleksi pertama mampu melewati seleksi psikotest. Wah, senangnya..

Tapi, ternyata tidak hanya sampai di sini. Ada seleksi berikutnya, yaitu interview dari pihak konsultan. Seleksi tiga ini dilaksanakan sekitar seminggu yang lalu. Dan seleksi ini merupakan seleksi terakhir dari program ini. Adapun peserta yang lulus untuk program IPUS ini ternyata hanya 6 orang. Alhamdulilah, saya termasuk satu diantaranya.

Maka, jadilah saya akan melakukan kegiatan internship di TMMIN pada liburan ini. Menurut jadwalnya, program ini akan dimulai dari tanggal 22 Juni 2009. Diperkirakan akan selesai pada paling tidak 22 September 2009. Hmm.. seram juga nih.. Ada dua resiko cuy..

If (nggak jadi ke TIT)

Then (Awal September harus urus PRS)

Else  (pegang ini“Attention: If, by any circumstance you are unable to depart according to the schedule, please inform to YSEP coordinators as soon as possible.”)

Tapi, we will see lah ya.. Toch TMMIN ini sudah pasti. Sedangkan, yang lain masih menggantung..

OK, mudah-mudahan semuanya berjalan dengan indah sesuai kehendak Allooh SWT..

Bismillah..

Mohon do’anya..

Categories: Bandung, Thought Tags: , , ,